Senin, 22 Oktober 2012

Manfaat Sarang Burung Walet



Burung Walet merupakan burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka meluncur. Burung ini berwarna gelap, terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang/kecil, dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing, kakinya sangat kecil begitu juga paruhnya dan jenis burung ini tidak pernah hinggap di pohon. (sumber :http://duniagratisan28.blogspot.com/2012/07/budidaya-burung-walet.html)

Sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) itu berasal dari air liur burung walet dan harganya cukup mahal. Banyak orang yang membicarakan tentang sarang burung walet ini (tapi diriku belum tahu apa-apa hehe.. jadi yuk belajar bareng ^^ btw.. walet ma lawet sama ga ya?? hehehe...)

Sejarah Sarang burung Walet : 
Sejarah kepopuleran sarang walet pertama kali datang dari masyarakat cina kuno. Kaisar cina terdahulu telah mengetahui cara memanfaatkan sarang burung walet. Sarang burung walet ini awalnya dimanfaatkan oleh para kaisar di Cina sebagai salah satu bahan makanan. Sarang ini paling populer dimasak dalam bentuk sup. Konon, sup sarang burung walet akan membuat seseorang berumur panjang. Masyarakat Cina kuno mempercayai bahwa kaisar mereka adalah keturunan dewa dan bisa berumur hingga sepuluh ribu tahun. Meskipun begitu, nyatanya mereka tetap ingin memanfaatkan sarang walet untuk kesehatan sang kaisar. Ketika sarang walet pertama kali ditemukan, mungkin tidak ada yang pernah berpikir bahwa benda itu akan bernilai ekonomis sangat tinggi. Sarang burung walet ini nyatanya diperkirakan memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan manusia. Ternyata, Burung walet membuat sarangnya dengan memanfaatkan air liurnya yang kental. Ketika terkena angin, air liur ini pun akhirnya mengering dan membentuk sarang. Konsep yang unik dari pembuat sarang oleh burung walet. (Sumber :http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2012/06/sarang-burung-walet.html)

Manfaat dari Sarang burung walet:
Menurut http://www.bagikisah.com/khasiat_sarang_burung_walet_184.html manfaat dari sarang burung walet itu adalah :
  • Sarang burung walet Membantu membersihkan darah dan membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun untuk membentuk paru-paru yang sehat.
  • Sarang burung walet mengandung Sebuah sumber kalsium yang sangat baik untuk melawan osteoporosis. Ini memperkuat paru-paru, meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, yang penting untuk meningkatkan kesehatan yang baik di kalangan orang tua.
  • Untuk membantu tubuh pulih setelah operasi yang luas atau cedera, dapat memperbaiki sel yang rusak pasca operasi.
  • Sarang burung walet mengandung Sebuah sumber makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pembangunan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga anak kurang rentan terhadap masuk angin atau flu.
  • Sarang burung walet mengandung Sebuah sumber kalsium yang sangat baik. Air melarutkan lendir, memperkuat paru-paru dan hati dan juga dapat meningkatkan metabolisme. Konsumsi selama kehamilan akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh janin dan ibu-ibu akan dapat pulih lebih cepat setelah melahirkan.
  • Sarang burrung walet Dapat mengurangi kelelahan, mengurangi tekanan rohani dan memulihkan kekuatan tubuh melalui konsumsi secara teratur
  • Sarang burung walet mengandung Sebuah sumber protein yang sangat baik. Ini meningkatkan kualitas sel kita dengan regenerasi sel baru dan pada saat yang sama memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sering konsumsi dapat membuat kulit halus awet muda, tampak berseri-seri, menunda tanda-tanda penuaan dan warna kulit lebih sehat dan bercahaya.
  • Sarang burung walet mengandung asam sialic yang dapat menambah daya intelektual pada bayi.
  • Sarabg burung walet dapat membantu melembabkan kulit, memelihara kecantikan, memberikan energi dan meningkatkan metabolisme lemak.
Menurut Bog Sup Sarang Walet, yaitu :
  • Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Ibu Hamil dan Calon Bayi : Konsumsi sarang burung selama kehamilan dapat meningkatkan gizi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan ibu dan anak dan akan memberikan bayi pikiran yang fleksibel. Perempuan mengkonsumsi sarang burung setelah melahirkan dapat pulih lebih cepat dan langsing dengan cepat untuk membantu menjaga kecantikan mereka. Perut dan bayi yang baru lahir fungsi limpa lemah. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan diare dan hilangnya nafsu makan.
  • Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Bayi : Memberi makan bayi yang baru lahir dengan sarang walet yang telah dilarutkan dalam susu dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan ini. Bayi yang berusia 6 bulan dapat diberikan dengan bubur beras atau congee berisi sup sarang walet. Anak-anak membutuhkan lebih banyak gizi selama masa pertumbuhan mereka. Diberi makan dengan sup sarang burung dapat membantu memperkuat tubuh dan merangsang pertumbuhan otak. Makan sarang burung tidak hanya terasa enak tetapi ketika disajikan dengan gula batu, susu segar atau oatmeal membantu pencernaan dan sembelit
  • Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Anak-anak : Untuk anak-anak, selalu memakan sup sarang burung dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat berbagai fungsi tubuh dan memperkuat kekebalan.
  • Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Wanita : Bagi wanita, walet dapat menghaluskan kulit dan menjaga kecantikan abadi. Orang, yang sangat tertekan dan selalu sibuk belajar dan bekerja dapat mengurangi kelelahan, mengurangi tekanan rohani dan memulihkan kekuatan tubuh melalui selalu memakan sup sarang burung walet.
  • Manfaat Konsumsi Sup Sarang Burung Walet Bagi Orang yang Baru Sembuh dari Penyakit : Sarang burung juga bermanfaat bagi orang-orang yang baru saja sembuh dari penyakit, yang sudah tua dan lemah, yang menderita asma dan yang selalu menangkap dingin atau influenza. Diet teratur sarang burung dapat membantu meringankan trakea, mulus bernapas, manfaat kontrol asma, mengeluarkan dahak, memulihkan energi vital dan memperpanjang umur panjang. Hal ini terutama efektif untuk mereka yang memiliki gangguan tidur, bronkitis, batuk atau mabuk. Sarang burung juga menunjukkan efek terapeutik jelas untuk membantu melembabkan dan mengisi paru-paru dan membersihkan usus panas.
Menurut wolipop.com, yaitu :
  • Penurunan kadar air berkurang, keriput berkurang dan produksi melanin berkurang, sehingga flek hitam dapat hilang dan kulit lebih cerah
  • Sarang burung walet memiliki efek mendinginkan, sehingga mencegah kekeringan dalam tubuh dengan menjaga kadar air di dalam kulit. Manfaat tersebut membuat kulit menjadi lebih lembab, keremajaan kulit terjaga, sejaligus tetap halus
  • Agar dapat membersihkan paru-paru, menguatkan sistem pernafasan, membuat kulit lebih berseri dan memeilihara kesehatan secara umum.
Menurut mentorhealthcare.com, yaitu : 
  • Zat collagen yang dikandung sarang burung wallet dapat memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan.
  • Sarang burung wallet dapat mengurangi dahak dan menyembuhkan batuk. Ini juga merupakan nutrisi bagi paru-paru dan menguatkan saluran pernapasan
  • Meng-konsumsi sarang burung wallet dalam masa kehamilan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, memperkuat paru-paru bayi yang dikandung. Juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.
  • Untuk wanita, konsumsi secara teratur dapat meningkatkan daya metabolisme, memperbaiki kulit serta menghambat proses penuaan.
  • Untuk orang tua, konsumsi secara teratur dapat menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Untuk anak-anak, sarang burung wallet dapat memperbesar daya serap nutrisi yang ada pada setiap makanan, dan memperkuat paru-paru anak.
  • Merupakan makanan sehat bagi para perokok, serta mengurangi effect yang ditimbulkan dari nicotin.
Nah, selesai juga. ini  artikel tentang sarang burung walet, saya ambil dari beberapa sumber ^^ Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. selamat membaca ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasi ya ^_^

Daisypath Anniversary tickers